Tips Merawat Anak Hedrosefalus

Foto: Wirawan/SNei

SNei.or.id-Merawat anak hidrosefalus bukanlah perkara yang mudah. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, maka perlu ada perlakuan dan perhatian khusus dari orangtua. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anak¬† hidrosefalus tidak ‘tertinggal’ terlalu jauh dibanding anak seusianya. Untuk memulainya, beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan.

Dikutip dari onehealth.com, ada beberapa tips dalam merawat anak yang menderita hedrosefalus. Pertama, yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab pasti dari hidrosefalus tersebut. Hal ini harus segera dipastikan, pasalnya hidrosefalus bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena bawaan, infeksi di otak, atau akibat tumor. Setelah itu, baru bisa mengambil langkah yang sesuai untuk merawat anak hidrosefalus di rumah.

Prinsip utama lain yang perlu diperhatikan adalah anak harus tetap belajar terlebih jika anak sudah pada tahap mengalami hidrosefalus berkelanjutan. Terutama fokus pada memberi pengajaran mengenai kemampuan dasar anak. Karena, anak hidrosefalus tidak bermasalah dengan otaknya.

Tetapi, akibat terdapat cairan di otak anak yang tidak bisa mengalir ke sumsum tulang belakang dengan baik, maka membuat kepala anak tersebut membesar dan menekan bagian otaknya. Hal ini membuat otak sulit tumbuh dan berkembang. Meskipun demikian, tetap ada kesempatan untuk otak anak tersebut bisa berkembang.

Orangtua dianjurkan untuk tidak membiarkan anak dengan hidrosefalus tergeletak di tempat tidur, tanpa diajari kemampuan-kemampuan dasar layaknya anak pada umumnya, seperti makan, minum, duduk, berdiri maupun berjalan.

Orangtua dengan anak hedrosefalus dianjurkan untuk lebih giat memberi pengajaran-pengajaran pada anak agar anak tidak mengalami perkembangan yang lambat.

Periksakan Perkembangan Anak ke Dokter Secara Rutin

Hidrosefalus, dalam ilmu bedah saraf termasuk di bidang pediatri/ pediatric. Karenanya memeriksakan rutin anak yang terkena hidrosefalus merupakan sebuah keniscayaan.

Jika kondisi anak sudah dipasangkan selang untuk mengeluarkan cairan pada otaknya, kontrol rutin bisa dilakukan sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Kontrol ini dilakukan untuk mengecek apakah selang yang dipasang tersumbat atau tidak.

Tetapi, pada anak yang terkena hidrosefalus tetapi belum pernah diobati, kontrol harus dilakukan sesuai saran dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya secepat mungkin.

Perawatan anak hidrosefalus di rumah juga bisa dibantu dengan beberapa alat-alat yang bersifat rehabilitasi, seperti penggunaan kursi roda, atau alat yang bisa melatih anak berdiri. Tenaga khusus untuk merawat anak hidrosefalus (perawat) sebetulnya tidak mutlak diperlukan.

Tetapi pada kasus-kasus tertentu misalnya bila anak sangat tidak mandiri, tidak bisa makan, harus menggunakan selang, tidak bisa bicara, dan lain sebagainya, maka perawat khusus di rumah diperlukan.

Selain itu, asupan gizi anak yang menderita hidrosefalus perlu diperhatikan. Anak-anak dengan hidrosefalus kemungkinan akan berbaring lama. Hal ini dapat menyebabkan proses katabolisme (metabolisme yang dapat merusak tubuh) dalam tubuhnya meningkat. Sehingga mereka membutuhkan makanan yang tinggi protein dan cukup kalori. Perhatikan gizi yang diberikan pada anak, dan jangan lupakan asupan zat gizi lain untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Hidrosefalus bukanlah penyakit melainkan sebuah akibat karena adanya kelainan dalam tubuh. Itulah sebabnya, hidrosefalus sangat mungkin disembuhkan. Maka dari itu, stimulasi harus tetap diberikan, termasuk menyekolahkannya, belajar musik, maupun mengajak anak berolahraga.

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter-dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.  (Muf)

 

Leave a Reply

Select Language