TIA, Stroke Mini yang Harus Diwaspadai

Foto: Wirawan/SNei

SNei.or.id-Di antara bermacam-macam stroke, ada penyakit yang dikenal dengan “stroke mini”. Penyakit ini punya nama ilmiah Transient Ischemic Attack (TIA). Meskipun “masih” mini, jika tidak diwaspadai, akan berkembang menjadi tak terkendali.

Berbeda dengan stroke, Transient Ischemic Attack tidak membunuh sel-sel otak sebagaimana yang dilakukan stroke. Meski demikian, yang harus diketahui, jika seseorang sudah terdeteksi TIA, ia harus segera waspada, dan berkonsultasi dengan dokter. Karena ini adalah benih dari stroke. Jika tidak segera ditangani, penyakit stroke akan menanti.

Transient Ischemic Attack terjadi ketika suplai darah ke bagian otak diblokir sebentar. Gejala TIA memang mirip gejala stroke lainnya, tapi tidak bertahan lama. Mereka terjadi tiba-tiba dan akan menghilang seakan-akan penderita tidak pernah mengalami stroke. Hal inilah yang seringkali membuat penderita TIA meremehkan penyakitnya, dan menganggap sudah pulih, sehingga membuatnya tidak segera mengambil tindakan untuk memeriksakan penyakitnya.

Transient Ischemic Attack memiliki gejala antara lain mati rasa pada salah satu bagian tubuh, penderita mengalami kesulitan berbicara atau mengerti ucapan, penderita mengalami kesulitan melihat di salah satu atau kedua mata, kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan dan merasakan masalah terkait dengan koordinasi antar tubuh. Gejala-gejala itu biasanya akan hilang dalam waktu satu jam, bahkan lebih.

Jika gejala-gejala itu melanda, sebaiknya segera ke rumah sakit. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Jika TIA tidak segera ditangani, akan tentu akan lebih mempersulit.

Apabila gejala stroke ini diabaikan begitu saja, lama-lama akan berdampak pada stroke iskemik bahkan mungkin akan terjadi pecahnya pembuluh darah otak. Kemudian hindari stress, karena stress akan semakin memicu munculnya stroke.

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.(aby)

 

 

 

Leave a Reply

Select Language