Prof Hafid Beri Bekal Perkembangan Otak di Al Hikmah

Foto: Wirawan SNEI

Snei.or.id-Ada suasana lain di dalam pembinaan orangtua wali SMP Al Hikmah. Prof. Dr. dr. Abdul Hafid Bajamal, Sp.Bs dihadirkan untuk mengedukasi walimurid SMP Al Hikmah tentang perkembangan otak remaja, sabtu (13/1/18).

Prof. Dr. dr. Abdul Hafid Bajamal, Sp.BS yang merupakan pendiri Surabaya Neuroscience Institute (SNei) ini di hadapan ratusan orangtua wali murid SMP Al Hikmah ini berpesan kepada orangtua wali untuk tidak mudah memberikan izin mengendarai kendaraan bermotor. “Cedera otak, banyak disebabkan karena kecelakaan lalu lintas,” kata Prof Hafid.

Dalam pertemuan itu, Prof hafidz juga menjelaskan tentang bagaimana berbagai macam otak dan fungsinya, termasuk bagaimana mencegah kerusakan otak pada janin saat ibu sedang hamil.  Terdapat beberapa gangguan-gangguan yang berbahaya pada kehamilan muda disebabkan oleh merokok, alkohol, narkoba, obat, infeksi, bahan kimia beracun, benturan, maupun stress/depresi.

Tak hanya itu, depresi  dan stress yang dialami ibu hamil mempengaruhi janin dan sifat anak setelah lahir. Gangguan lainnya ialah infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Tomegally, Herpes), dan masalah genetika.

Dalam kegiatan itu, walimurid SMP Al Hikmah itu tampak sangat antusias. Hal itu tampak dari jumlah penanya yang tak kunjung habis, hingga akhirnya, Ustadz Taufiq AB yang memandu acara meminta maaf karena tidak bisa mengakomodir semua penanya. (aby)

Leave a Reply

Select Language