Olahraga untuk Penderita Epilepsi

Foto: Wirawan/ SNei

SNei.or.id-Penderita epilepsi, seringkali dihimbau agar tidak melakukan olahraga.  Ini semua demi keselamatan sang penderita Epilepsi sendiri. Meski demikian ada olahraga yang aman dilakukan penderita epilepsi.

Penderita epilepsi masih diperbolehkan untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh mereka. Tentunya olahraga yang aman dan tidak membebani fisik mereka. Olahraga apa saja yang baik untuk mereka?

Olahraga yang paling baik pertama bagi mereka ialah jalan kaki di pagi hari. Berjalan kaki di pagi hari merupakan olahraga yang aman, tidak membebani fisik, dan menyehatkan. Selain mampu menghirup oksigen segar yang, olahraga ini juga mampu mengurangi berbagai resiko penyakit lainnya seperti jantung dan paru-paru.

Bagi penderita epilepsi, olahraga ini mampu membuat tubuh penderita menjadi rileks. Olahraga ini bisa dilakukan di sekitar rumah agar apabila terjadi gejala kejang maka dapat ditangani oleh keluarga maupun tetangga. Lakukan olahraga ini minimal 30 menit. Sangat bagus apabila tubuh mampu mengeluarkan keringat.

Olahraga kedua ialah senam. Senam mampu meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan berat badan. Senam sangat baik bagi penderita epilepsi karena senam tidak membebani fisik sang penderita. Selain itu, senam mampu membuat penderita epilepsi menjadi rileks. Olahraga yang disebutkan diatas dapat dilakukan di daerah yang aman sehingga penderita bisa terkontrol.

Penyakit epilepsi merupakan salah satu penyakit gangguan fungsi saraf jangka panjang. Umumnya penyakit ini dapat timbul sewaktu-waktu tanpa diduga-duga. Epilepsi memiliki serangan-serangan kejang singkat dan hampir tidak terdeteksi hingga kejang kuat untuk periode yang lama atau serangan kejang yang cenderung berulang.

Konsultasikan berbagai permasalahan terkait epilepsi dengan dokter bedah saraf di seluruh Indonesia. Di Surabaya terdapat tim dokter bedah saraf dari divisi neuro fungsional yang tergabung dalam Surabaya Neuroscience Institute (SNEI) yang berkompeten di bidangnya. Di dalamnya, terdapat dokter bedah saraf terbaik Surabaya. Dokter-dokter yang tergabung dalam SNei beberapa di antaranya mendapatkan pengakuan di dunia nasional dan internasional. (Aby)

 

 

Leave a Reply

Select Language