Kejang pada Anak Bisa Disebabkan Abses Otak

Foto: Wirawan?SNei

SNei.or.id-Kebahagiaan memiliki anak seringkali terenggut saat anak mendadak demam tinggi dan diikuti dengan kejang. Tak sedikit dari anak yang kejang itu kemudian cacat seumur hidupnya. Jika orangtua, khususnya ibu, rutin memeriksakan kesehatannya, mimpi buruk ini tidak akan terjadi.

Orangtua terutama sang ibu seringkali tidak memeriksakan kesehatan mereka pra persalinan, bahkan di awal ketika sang Ibu hamil. Padahal, terdapat suatu penyakit saraf yang disebabkan karena infeksi yang mungkin saja sang Ibu memilikinya.

Penyakit abses otak (otak bernanah), penyakit yang jarang diketahui olah para ibu dan ayah yang disebabkan karena infeksi yang diderita oleh ibu janin. Infeksi tersebut kemudian menular kepada janin dan masuk ke dalam otak, sehingga menginfeksi otak janin.

Abses otak kebanyakan disebabkan oleh penyakit tertentu yang ada pada Ibu,  semisal penyakit jantung  yang mengakibatkan jantung tidak mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan memicu terjadinya infeksi, abses gigi (infeksi gigi).

Penyebab lain dari peyakit ini ialah karena lemahnya daya tahan dan sistem pertahanan tubuh sang ibu. Penyebabnya bisa berbagai hal, mulai dari faktor psikis, trauma pada tubuh, kekurangan gizi hingga penyakit pembunuh seperti HIV/AIDS. Kesemuanya akan meningkatkan risiko abses otak.

Terutama bagi sang ibu, memeriksa kesehatan jasmani merupakan hal yang wajib dilakukan guna mewaspadai penyakit ini.  Konsultasikan ke bagian bedah saraf anak apabila perlu guna mendapatkan saran mengenai asupan nutrisi yang baik bagi anak. Selain itu, orangtua akan mendapatkan pengetahuan tentang terapi apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil pra persalinan agar si bayi lahir dalam kondisi sehat dan sang ibu dapat menjalankan persalinan dengan sempurna.

Disebabkan Jamur yang Masuk dalam Otak Anak

Abses otak adalah infeksi otak yang dapat menyebabkan masalah dengan fungsi otak dan sumsum tulang belakang anak. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah dengan otak dan fungsi sumsum tulang belakang.

Abses otak biasanya disebabkan oleh bakteri atau jamur yang masuk ke dalam otak. Kuman dapat masuk melalui pembuluh darah dan menyerang otak sehingga menyebabkan infeksi yang masuk ke dalam jaringan otak dan berkumpul membentuk gumpalan nanah.  Bakteri dan jamur tersebut menyebabkan radang pada otak dan kemudian merusak dan menekan jaringan otak lain.

Gejala Abses Otak pada anak dapat terlihat jika bayi atau anak menangis terus menerus dengan nada tinggi, disertai dengan demam dan otot tubuh terlihat kaku.

Meski jarang terjadi, abses otak adalah penyakit infeksi yang dapat membahayakan nyawa anak dan harus ditangani secepatnya. Karena apabila penyakit ini tidak segera ditangani maka akan menjalar dan membuat penyakit baru pada saraf otak anak semisal  hidrosefalus, kerusakan otak, epilepsi dan meningitis pada anak.

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.(aby)

Leave a Reply

Select Language