Jenis Kanker Ini Langka dan Sulit Disembuhkan

Foto: Wirawan/SNei

SNei.or.id-Di antara penyakit kanker, ada satu jenis yang termasuk langka. Penyakit ini sangat sulit disembuhkan. Ia menyerang penderitanya secara perlahan, tapi pasti. Pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi pun tak mampu mengatasi.

Chordoma merupakan jenis kanker tulang yang terdapat pada tengkorak dan tulang belakang. Selain langka, penyakit ini sangat sulit disembuhkan karena posisinya yang terdapat pada tulang belakang dan sekitar saraf yang vital. Chordoma menyerang secara perlahan, namun bersifat agresif.

Chordoma dapat menyerang sesiapa saja tanpa mengira usia atau jantina. Walaupun begitu, chordoma lebih sering ditemui pada orang dewasa. Chordoma mengambil masa yang agak lama di dalam perkembangannya. Akan tetapi, chordoma sangat sukar sekali untuk diobati karena kedudukannya yang berada dekat dengan sumsum tulang belakang.

Gejala chordoma pada umumnya yaitu merasakan sakit yang teramat sangat pada bagian leher, sakit pada bagian kepala, mengalami kesemutan di sekitar lengan dan kaki yang berkelanjutan, penglihatan yang menurun atau tidak jelas, dan hilangnya fungsi usus dan kandung kemih.

Penyebab Chordoma

Chordoma dapat menyerang siapa saja. Namun, lelaki memiliki resiko yang lebih besar untuk terserang penyakit ini dibandingkan dengan wanita. Pada umumnya, penderita penyakit ini berumur diatas 20 tahun. Sehingga, kecil peluang bagi penyakit ini untuk menyerang anak-anak.

Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti chordoma. Namun, beberapa dokter spesialis menyimpulkan bahwa beberapa penyakit faktor turunan dapat meningkatkan resiko chordoma. Penyakit turunan yang dapat meningkatkan resiko timbulnya chordoma di antaranya multiple-exostoses (beberapa benjolan pada tulang anak), rothmund-thompson syndrome, hereditary retinoblastoma, dan li-fraumeni syndrome.

Kanker ini cenderung tidak merespon kemoterapi, radiasi, atau obat-obatan. Pembedahan biasa dilakukan untuk mengatasinya tapi hasilnya belum tentu sukses, karena tumor tumbuh di tulang belakang dan sekitar saraf yang vital. Karena begitu sulit untuk menghilangkan seluruh tumor atau sel. Sehingga, penyakit ini memiliki tingkat kekambuhan yang tinggi.

Langkah Pencegahan

Untuk mencegah timbulnya penyakit chordoma, perlu diterapkannya gaya hidup sehat sehingga meminimalisir peluang penyakit ini menyerang anda. Selain gaya hidup sehat, penting juga menjaga berat badan Anda, hindari mengkonsumsi rokok, perbanyak makan makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi, dan rutin melakukan olahraga.

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.(khb)

Leave a Reply

Select Language