Jangan Anggap Remeh Nyeri di Tulang Belakang

Foto: Wirawan SNEI

Snei.or.id – Jika Anda mengalami nyeri di tulang belakang, jangan anggap remeh. Segera konsultasikan dengan dokter. Karena jika terlambat penangannya, bisa fatal akibatnya.

Tulang punggung atau tulang belakang (spine) adalah bagian dari kerangka aksial. Tulang belakang sendiri terdiri dari struktur yang kompleks, yaitu terdiri dari tulang belakang itu sendiri, jaringan bantalan otot jaringan, persendian, dan syaraf.

Rasa nyeri tulang belakangan juga dibedakan menjadi dua, yakni nyeri akut dan kronis. Nyeri akut penyebabnya sudah jelas, timbulnya cepat, dan waktu yang terbatas. Sedangkan nyeri kronis didefinisikan sebagai nyeri yang berlangsung lebih dari 6 bulan. Nyeri punggung menyerang sekitar 700 juta orang di seluruh dunia dan merupakan penyebab nomor satu kecacatan. Sekitar empat dari lima orang dewasa akan mengalami nyeri punggung pada tahap tertentu selama masa hidup mereka.

Rasa nyeri tulang belakang bukan hal yang mudah untuk diatasi. Sakit  di punggung sebelah kanan atau kiri kemudian menyebar ke daerah kaki, terutama di bawah lutut bisa jadi tanda bahwa Anda menderita hernia diskus (bantalan penyangga saraf di dalam rongga tulang belakang), ada otot yang menonjol, atau saraf skiatik terganggu (sciatica).

Jika kaki, tangan, lengan, atau pangkal paha terasa lemah, mati rasa, atau kesemutan, ini berarti ada kelainan pada saraf yang membutuhkan pengobatan segera. Rasa sakitnya ada di satu tempat tertentu di tulang. Bisa juga berkelanjutan bahkan saat Anda sedang berbaring dan tidur di malam hari. Ini bisa menjadi pertanda adanya tumor di tulang.

Nyeri punggung bawah bisa bervariasi dari nyeri  yang berkembang secara bertahap hingga nyeri mendadak, tajam atau terus-menerus terasa di bawah pinggang. Sayangnya, hampir semua orang, pada suatu saat selama hidup akan mengalami sakit punggung bagian bawah. Penyebab yang paling umum adalah ketegangan otot yang sering dikaitkan dengan kerja fisik berat, mengangkat atau gerakan kuat, membungkuk atau memutar ke posisi canggung, atau berdiri dalam posisi terlalu lama.

Beragam Masalah Tulang Belakang

Jenis kelainan tulang belakang termasuk trauma yang berhubungan dan degeneratif; artinya berhubungan dengan usia. Beberapa masalah tulang belakang ini tercantum di bawah ini.

Bulging atau herniated disc. Sebuah kanal tulang bisa menonjol ke luar. Masalah tersebut dapat menyebabkan kompresi saraf, pembengkakan, dan nyeri.

Stenosis spinal berkembang saat kanal tulang belakang atau jalur saraf menyempit secara tidak normal.

Artritis tulang belakang, juga disebut spinal osteoartritis atau spondylosis, adalah masalah tulang degeneratif umum. Ini mempengaruhi sendi  tulang belakang dan dapat berkontribusi pada perkembangan taji tulang.

Spondylolisthesis terjadi ketika tubuh vertebra lumbar (punggung bawah) tergelincir ke depan di atas tulang belakang di bawahnya.

Fraktur vertebra (tipe burst atau kompresi) sering disebabkan oleh beberapa jenis trauma (misalnya jatuh).

Osteomielitis adalah infeksi bakteri yang bisa berkembang di salah satu tulang belakang tulang belakang.

Tumor spinal adalah pertumbuhan sel abnormal (massa) dan didiagnosis sebagai jinak (non-kanker) atau ganas (kanker).

Pengobatan dan pencegahan terbaik untuk nyeri punggung adalah gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik yang agak rileks dan santai. Hal ini akan memberi kesempatan pada punggung bawah untuk pulih kembali.

Sakit punggung sebelah kanan atau kiri bisa diobati oleh dokter umum hingga dokter spesialis saraf dan sistem muskuloskeletal. Namun perlu diingat bahwa adanya demam disertai nyeri punggung baik nyeri punggung kanan maupun kiri disertai gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya merupakan gejala yang perlu diwaspadai.

Disfungsi usus atau kandung kemih, kelopak atau kaki lemas atau mati rasa harus segera mendapatkan pertolongan medis, karena kalau tidak bisa berdampak pada kematian. Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.(aby)

Leave a Reply

Select Language