Gelembung Pembuluh Darah Kecil ini Bisa Sebabkan Koma

Foto: Wirawan/ SNei

SNei.or.id-Otak mendadak ‘lemot’, lemas separuh badan, muka kaku? Bawa segeralah ke dokter, karena jika tidak ditangani secara serius mampu menimbulkan koma. Karene gejala di atas merupakan ciri-ciri gejala cavernoma, atau penggelembungan pembuluh darah otak.

Gelembung pembuluh darah kecil otak atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah cavernoma ialah aliran pembuluh darah otak yang tidak normal dengan gelembung kecil yang penuh dengan darah.

Kumpulan abnormal pembuluh darah kecil (kapiler dan vena) berbentuk mirip seperti buah murbei di otak atau sumsum tulang belakang. Karena dinding pembuluh darah lemah memungkinkan darah merembes keluar. Cavernoma  biasanya berukuran 1-5cm. Cavernoma, biasanya bersamaan dengan kelainan endovaskular lainnya seperti malformasi vena (pembuluh darah balik).

Umumnya, gejala awal cavernoma ialah otak mendadak lambat, mati rasa pada tubuh (utamanya muka), sakit kepala, ucapan kabur, dan tremor pada tubuh, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. Tingkat keparahan dan durasi gejala dapat bervariasi tergantung pada jenis cavernoma. Masalah dapat terjadi jika cavernoma menekan area otak tertentu.

Cavernoma yang terbentuk dapat semakin membesar dan mengganggu saraf otak yang ada di sekitarnya, sehingga dapat menimbulkan gangguan. Apalagi, cavernoma yang menimbulkan pendarahan hebat bisa mengancam nyawa. Carilah pertolongan medis sesegera mungkin jika gejala sudah terlampau parah.

Sayangnya hingga kini, tidak diketahui pasti apa faktor risiko dan penyebab pasti tumor cavernoma ini sehingga agak sulit untuk dilakukan pencegahan. Faktor usia juga tidak bisa dijadikan patokan. Tetapi, penyakit seperti ini mampu dicegah dengan pola hidup yang sehat yaitu istirahat yang cukup, hindari merokok, dan sebisa mungkin jauhi depresi (stress).

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional. (aby)

 

 

Leave a Reply

Select Language