GANGGUAN MENSTRUASI? WASPADAI ADENOMA HIPOFISE

GANGGUAN MENSTRUASI?

 WASPADAI ADENOMA HIPOFISE

 

Wanita dalam kehidupannya tidak akan luput dari siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya Wanita akan merasa cemas bila mengalami perubahan dalam menstruasi, seperti mestruasi tidak teratur, nyeri mestruasi (disminore) dan bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali (amenore). Penyebab amenore secara umum pada wanita muda seringkali disalah pahami sebagai sebuah kehamilan. Secara klinis, wanita yang sudah mengalami menstruasi, namun tidak mengalami menstruasi lagi dalam jangka waktu 90 hari sejak menstruasi terakhir, maka harus dicurigai adanya gangguan pada tubuhnya.

 

Siklus menstruasi itu sendiri di pengaruhi oleh kadar hormone yang di hasilkan oleh kelenjar hipofise. Kelenjar Hipofise merupakan kelenjar berdiameter kira-kira 1 cm dan beratnya 0,5-1 gram. Hipofisis disebut juga master of glands karena hipofisis dapat memproduksi hormon yang dapat mengatur kerja tubuh, salah satunya adalah hormon Follicle Stimulating Hormon (FSH) dan Luteinizing Hormon (LH) yang mempengaruhi dalam setiap siklus menstruasi.

 

Dan apabila terjadi gangguan pada kelenjar hipofise, maka produksi hormon Follicle Stimulating Hormon (FSH) dan Luteinizing Hormon (LH) juga dapat terganggu sehingga berimbas dengan adanya gangguan pada menstruasi yang di sebut amenore. Salah satu gangguan yang terjadi pada kelenjar hipofise adanya adenoma hipofise. Adenoma hipofise adalah tumor yang terdapat dalam kelenjar hipofise. Tumor tersebut bisa mendesak kelenjar dan menyebabkan kelenjar hipofisis memproduksi terlalu banyak hormon atau terlalu sedikit hormon.

 

Adenoma hipofise ini tidak memiliki gejala yang khusus. Gejalanya berupa perubahan siklus menstruasi sampai terjadi aminore, menjadi salah satu gejala yang harus di waspadai.

 

Gangguan menstruasi ternyata mampu menjadi pertanda adanya tumor di otak kita. Tetaplah waspada, lakukan cek kesehatan secara berkala dan konsultasikan masalah kesehatan Anda ke dokter terdekat. Semakin cepat terdeteksi maka semakin berkurang pula resiko yang ditimbulkan.

Leave a Reply

Select Language