1 Essential Tremor – snei.or.id – Surabaya Neuroscience Institute Official Site

Essential Tremor

Essential tremor adalah kelainan sistem saraf (neurologis) yang menyebabkan goncangan atau getaran pada tubuh yang tidak disengaja dan berirama. Ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh Anda, tetapi gemetaran paling sering terjadi di tangan, terutama ketika melakukan tugas-tugas sederhana, seperti minum dari gelas atau mengikat tali sepatu. Tremor esensial bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi kondisinya akan semakin memburuk dari waktu ke waktu dan bisa parah pada beberapa orang. Tremor esensial dapat terjadi pada usia berapa pun tetapi paling sering terjadi pada orang berusia 40 dan lebih tua.

Gejala Essential Tremor

Tanda dan gejala tremor esensial, adalah sebagai berikut:

  • Tremor bermula secara bertahap, dan lebih menonjol pada satu sisi tubuh
  • Tremor akan bertambah memburuk dengan gerakan atau aktivitas
  • Biasanya terjadi di tangan pertama, mempengaruhi satu tangan atau kedua tangan
  • Kadang dapat menyertakan dengan gerakan kepala
  • Tremor akan memburuk karena stres emosional, kelelahan, kafein, atau suhu yang ekstrem

Tremor Esensial  Atau Parkinson

Banyak orang mengaitkan tremor dengan parkinson, tetapi kedua kondisi ini berbeda dan perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • Waktu terjadinya tremor

Tremor esensial terjadi ketika ada gerakan atau aktivitas pada tangan, sedangkan

Tremor pada Parkinson terjadi ketika tangan sedang di istirahatkan.

  • Kondisi lain yang terkait

tremor esensial tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya, sedangkan

Parkinson biasanya terkait  masalah kesehatan lain, seperti: postur bungkuk, gerakan lambat, dan gaya berjalan yang terseok-seok.

  • Bagian tubuh yang terkena

Tremor esensial mempengaruhi tangan, kepala, dan suara, sedangkan

Parkinson biasanya dimulai di tangan, dan dapat menjalar ke kaki, dagu, dan bagian tubuh yang lain.

Penyebab Essential Tremor

Sekitar setengah dari kasus tremor esensial muncul akibat mutasi genetik. Bentuk ini disebut sebagai tremor familial. Tidak jelas apa yang menyebabkan tremor esensial pada orang tanpa mutasi genetik yang diketahui.

Faktor risiko

Faktor-faktor risiko yang diketahui dapat menyebabkan tremor esensial meliputi:

  • Mutasi Genetik. Tremor esensial yang diturunkan (familial tremor) adalah kelainan autosom dominan. Cacat Gen yang terjadi pada satu orangtua dapat menjadi penyebabkan kondisi ini.
  • Usia. Getaran esensial lebih sering terjadi pada orang berusia 40 dan lebih tua.
  • Faktor Lingkungan. termasuk racun, juga sedang diselidiki karena dapat berperan dalam penyebab penyakit ini. Pada 2012, Program Toksikologi Nasional menyimpulkan bahwa ada cukup bukti hubungan antara paparan timbal darah pada level <10 μg / dL dan tremor esensial pada orang dewasa, dan bukti terbatas pada level timbal darah <5 μg / dL.

Diagnosa Essential Tremor

Biasanya diagnosis ditegakkan berdasarkan klinis. Tremor dapat dimulai pada usia berapa pun, sejak lahir hingga usia lanjut. Untuk menegakkan diagnosa dilakukan pemeriksaan, seperti:

Pemeriksaan neurologis

Dalam pemeriksaan neurologis, dokter menguji fungsi sistem saraf, termasuk memeriksa:

  • Refleks tendon
  • Kekuatan otot
  • Kemampuan merasakan sensasi tertentu
  • Postur dan koordinasi

Tes laboratorium

Darah dan urine mungkin diuji untuk beberapa faktor, termasuk:

  • Penyakit tiroid
  • Masalah metabolisme
  • Efek samping obat
  • Kadar bahan kimia yang dapat menyebabkan tremor

Tes Essential Tremor

Satu tes yang digunakan untuk mengevaluasi tremor esensial dengan menggambar spiral. Spiral di sebelah kiri dibuat oleh seseorang yang terkena tremor esensial. Spiral di sebelah kanan dibuat oleh seseorang yang tidak terpengaruh oleh tremor esensial.

Pengobatan Essential Tremor

Beberapa orang dengan tremor esensial tidak memerlukan pengobatan jika gejalanya ringan. Tetapi jika tremor esensial, membuatnya sulit dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka perlu dilakukan pengobatan seperti:

  1. Obat-obatan
  • Beta Blocker. Biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, beta blocker seperti propranolol (Inderal) membantu meredakan tremor pada beberapa orang. Beta blocker kontraindikasi pada menderita asma atau masalah jantung tertentu. Efek samping beta blocker adalah kelelahan, sakit kepala ringan atau masalah jantung.
  • Obat anti-kejang. Obat epilepsi, seperti primidon (Mysoline), efektif pada orang yang tidak respon pada obat beta blocker. Obat lain yang mungkin diresepkan termasuk gabapentin (Gralise, Neurontin) dan topiramate (Topamax, Qudexy XR). Efek samping obat anti kejang adalah mengantuk dan mual, yang biasanya hilang dalam waktu singkat.
  • Obat penenang. Dokter dapat menggunakan obat benzodiazepine seperti clonazepam (Klonopin) untuk mengobati orang yang mengalami ketegangan atau kecemasan yang memperburuk tremor. Efek samping dapat berupa kelelahan atau sedasi ringan. Obat-obatan ini harus digunakan dengan hati-hati karena dapat membentuk kebiasaan.
  • Suntikan OnabotulinumtoxinA (Botox). Suntikan Botox mungkin berguna dalam mengobati beberapa jenis tremor, terutama tremor kepala dan suara. Suntikan Botox dapat mengurangi tremor hingga tiga bulan. Namun, jika Botox digunakan untuk mengobati tremor tangan, itu dapat menyebabkan kelemahan pada jari-jari Anda. Jika Botox digunakan untuk mengobati tremor suara, itu dapat menyebabkan suara serak dan kesulitan menelan.
  1. Operasi

Pembedahan mungkin menjadi pilihan jika tremor sangat melumpuhkan aktivitas dan obat-obatan tidak bisa mengurangi tremor.

  • Deep Brain Stimulation. Ini adalah jenis operasi yang paling umum untuk tremor esensial. Prosedur operasi ini yaitu dengan memasukkan probe listrik yang panjang dan tipis ke bagian otak yang menyebabkan tremor (thalamus). Kawat dari probe di otak menjalar melalui bawah kulit ke alat seperti alat pacu jantung (neurostimulator) yang ditanamkan di dada. Perangkat ini mentransmisikan pulsa listrik tanpa rasa sakit untuk mengganggu sinyal dari thalamus yang menyebabkan tremor. Efek samping dari deep brain stimulation mencakup kerusakan peralatan, masalah dengan kontrol motoric, ucapan atau keseimbangan, sakit kepala, dan kelemahan. Efek samping akan hilang setelah beberapa waktu atau penyesuaian perangkat.
  • Thalamotomi ultrasonografi terfokus. Operasi non-invasif ini melibatkan penggunaan gelombang suara terfokus yang berjalan melalui kulit dan tengkorak. Gelombang menghasilkan panas untuk menghancurkan jaringan otak di area spesifik thalamus untuk menghentikan tremor. Seorang ahli bedah menggunakan pencitraan MRI untuk menargetkan area otak yang benar dan untuk memastikan gelombang suara menghasilkan jumlah panas yang tepat yang diperlukan untuk prosedur ini. Thalamotomi ultrasonografi terfokus mengakibatkan adanya lesi/ luka yang dapat menyebabkan perubahan permanen pada fungsi otak. Beberapa mengalami sensasi yang berubah, kesulitan berjalan atau kesulitan bergerak. Namun, kebanyakan komplikasi ini hilang dengan sendirinya atau cukup ringan sehingga tidak mengganggu kualitas hidup

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Untuk mengurangi gejala tremor, milailah dengan gaya hidup sehat seperti:

  • Hindari kafein. Kafein dan stimulan lainnya dapat meningkatkan tremor.
  • Menejemen Stres. Stres dan kecemasan cenderung membuat tremor lebih buruk, sehingga perlu menejemen stres dengan menggunakan berbagai teknik relaksasi, seperti pijat atau meditasi.
  • Buat perubahan gaya hidup.
  • Gunakan tangan yang lebih jarang terkena tremor.
  • Dukungan keluarga sangat penting, karena membantu menjalankan aktifitas sehari-hari pada penderia tremor. Dan mengurangi rasa stress dan meningkatkan sosial di masyarakat

 

 

Sumber            : mayoclinic.org

Wikipedia.org

Leave a Reply

Select Language