Asap Rokok Pemicu Utama Stroke

Foto: Wirawan/ SNei

Snei.or.id-Rokok semakin menjadi menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Bahkan penyakit pembunuh kedua setelah jantung, stroke dipicu oleh asap dari rokok.

Stroke merupakan penyakit yang dihasilkan akibat tidak berfungsinya otak dan kurangnya aliran darah dan oksigen yang mengalir kedalam otak. Sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam rokok merupakan salah satu penyebab terkena stroke.

TIA (transient ischemic) adalah gejala stroke kecil yang dapat disembuhkan. Dengan menghirup rokok secara terus menerus besar peluangnya untuk terkena TIA. TIA dapat berkembang menjadi stroke bila tidak segera diobati.

Meskipun penyakit stroke dapat diobati, namun bila terus menerus menghirup rokok, penyakit stroke yang sudah sembuh berpeluang untuk timbul kembali bahkan bisa menjadi lebih parah. Hal itu terjadi karena zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok akan menyerap ke dalam tubuh dan berkembang biak di dalamnya.

Perokok aktif cenderung terkena stroke di usia yang jauh lebih muda bila tidak segera berhenti merokok. Dengan berhenti merokok, seseorang akan menyelamatkan diri sendiri dan orang sekitar dari salah satu penyebab stroke.

4000 Bahan Kimia dalam Rokok

Dengan berbagai bahaya yang terkandung di dalamnya. Mulai dari penyakit yang dihasilkan dan bahaya bagi penghirup asapnya atau bisa disebut perokok pasif. Bayangkan saja, dalam menghisap sebatang rokok dapat menghasilkan 4000 jenis bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan di antara bahan kimia tersebut ada yang dapat berakumulasi dengan tubuh dan menyebabkan kanker.

Dalam rokok terdapat zat adiktif yang dapat menyebabkan ketagihan dan ketergantungan bagi para penggunanya dalam waktu yang lama. Dengan menghirup rokok terus-menerus, maka besar kemungkinan untuk diserang berbagai penyakit hingga penyakit yang bersifat fatal.

Dewasa ini, umumnya pengkonsumsi rokok adalah kalangan remaja. Hal itu terjadi akibat pengaruh lingkungan dan gaya hidup. Karena menurut pandangan mereka dengan merokok maka akan terlihat dewasa, keren atau gentelman. Pola pikir seperti itu terjadi akibat iklan yang ditampilkan dalam rokok selalu terlihat keren.

Hal itu mempengaruhi pandangan remaja terhadap rokok. Pada awalnya mereka hanya mencoba, hingga akhirnya kecanduan dan menjadi perokok aktif. Apapun alasannya, kita seharusnya menghindari rokok sejak dini, sebab efek yang ditimbulkan sangatlah berbahaya hingga menyebabkan kematian. Mungkin, efek yang ditimbulkan tidak secara langsung, namun akan terasa dalam waktu yang lama. Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok antara lain:

  1. Nikotin atau zat yang menyebabkan kecanduan terhadap rokok.
  2. Tar yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan aspal yang menyebabkan iritasi hingga kanker.
  3. Karbon Monoksida adalah gas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, karena gas ini bersifat mengikat oksigen terhadap tubuh.
  4. Karsinogen yaitu zat yang berpengaruh penting dalam perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  5. Iritan adalah zat yang mengotori saluran kantung udara dalam paru-paru.

Sudah siap berhenti merokok? (khb) 

Leave a Reply

Select Language