Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS

Profil Dokter

Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS (K) adalah anggota dari Surabaya Neuroscience Institute (SNeI). Dokter Rahadian lulus menjadi dokter spesialis bedah saraf pada tahun 2009 setelah dokter Rahadian menyelesaikan pendidikan spesialisnya di Universitas Airlangga Surabaya, tidak sampai disitu, dokter Rahadian melanjutakan gelar Doktoralnya di Universitas Airlangga dan lulus pada tahun 2019.

Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS (K) sebagai anggota dari Surabaya Neuroscience Institute (SNeI) memiliki sub spesialis divisi Neuro Onkology/ Tumor Otak. Untuk memperdalam pengetahuannya dokter Rahadian mengikuti pelatihan di luar negeri lain, seperti:

  • 1Fellowship Skull Base Surgery at Departement of Neurosurgery, Keio University, Tokya, Japan, 2009
  • 2Fellowship WFNS Education Center For Skull Base Surgery Class A, Osaka City University Medical School, Osaka, Japan, 2011
  • 3Fellowship Minimally Invasive Neurosurgery in Center for Minimally Invasive Neurosurgery at The Prince of Wales Private Hospital, Universitas New South Wales Sydney, Australia, 2016
  • 4ENDOMIN college Training Course. Hirslanden Klinik Zurich, Switzerland, 2018

Selain itu tepat pada tahun 2015 dokter Rahadian di tetapkan sebagai dokter konsultan bidang neuroonkology oleh kolegium bedah saraf Indonesia.

Dokter Rahadian tuja aktif dalam pembuatan jurnal bedah saraf, dan  sekarang dokter Rahadian di berikan tanggunga jawab sebagai  Anggota Eksekutif Editor, Media Bedah Saraf, the Official Journal of Indonesian Neurosurgery Society

Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS (K) ahli dalam menangani tumor otak mengunakan teknik dan prosedur yang update yang sudah memiliki evidence base medicinelevel 1B yakni:

  • Endoscopy Neuro Surgery

Endoscopy Neuro Surgery adalah teknik pembedahan minimal yang menggunakan tabung kecil, fleksibel, dan terang yang disebut endoskopi untuk memvisualisasikan berbagai bagian otak, pangkal tengkorak, atau sumsum tulang belakang melalui lubang kecil. Endoskopi berfungsi sebagai mikroskop kecil, memperbesar struktur anatomi. Endoscopy Neuro Surgery ada beberapa macam, seperti:

  • Keyhole Brain Surgery

Adalah prosedur bedah minimal invasif yang dilakukan untuk mengangkat tumor otak. Prosedur ini memungkinkan pengangkatan tumor dasar tengkorak melalui sayatan kecil di belakang telinga, memberikan akses ke otak kecil dan batang otak.

 

  • Endonasal Surgery

Adalah Prosedur bedah minimal invasive yang dilakukan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk di antaranya adalah tumor hipofisis, meningioma, dan kordoma. Teknik ini dilakukan melalui lubang hidung, untuk bisa menjangkau otak bagian depan dan bagian atas tulang belakang.

Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS (K) berpraktik di berbagai rumah sakit besar di Surabaya antaranya:

  • RSUD DR. Soetomo Surabaya
  • RS Premier Surabaya
  • RS Mitra Keluarga Surabaya

Kontak Saya

Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS

Back to top of page