5 Cara Mengatasi Tremor Esensial Sejak Dini

 

Foto: Wirawan/ SNei

SNei.or.id-Meski tidak berbahaya, tremor esensial dapat memburuk dari waktu ke waktu, bahkan bisa jadi parah pada orang-orang tertentu. Meski demikian, tahukah Anda bahwa sebenarnya, tremor bisa di atasi sedari dini. Berikut ulasannya.

Tremor esensial bisa terjadi di berbagai macam usia. Namun, paling sering terjadi pada orang-orang berusia 40 tahun ke atas. Dikutip dari health.detik.com, ada banyak faltor penyebab tremor esensial. Stress misalnya, stres dan cemas merupakan salah satu faktor dari timbulnya kondisi tremor, maka untuk tidak mengalaminya lagi Anda perlu rileks sedikit.

Bila tak bisa langsung rileks, belajarlah untuk menenangkan diri sedikit demi sedikit agar tremor tak memburuk. Memang orang tak akan mudah melepaskan diri seutuhnya dari stres karena stres adalah bagian dari hidup, namun Anda bisa mengubah bagaimana Anda merespon masalah atau keadaan yang ada.

Tak perlu harus benar-benar tidak stres karena stres itu wajar, namun ketika kecemasan dan stres menjadikan Anda penderita tremor, ini patut diatasi secepatnya. Ketika berjumpa dengan seseorang maupun situasi menjengkelkan, menarik napas dan menahannya selama 3-5 detik sebelum melepasnya kembali dan mengulanginya beberapa kali akan menenangkan jiwa Anda. Ini adalah salah satu teknik relaksasi yang bisa mengurangi stres, rasa cemas maupun emosi negatif.

Hindari Kebiasaan Minum Kopi

Bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan dan kebanyakan orang sebenarnya sudah tahu akan hal itu. Kopi adalah minuman dengan kandungan kafein tinggi; sementara itu, kafein adalah salah satu pemicu dari tremor yang Anda alami.

Jika Anda sangat rajin dan bahkan terlalu banyak mengonsumsi kopi setiap harinya, baik takaran maupun frekuensi diharapkan untuk dikurangi supaya bisa menghilangkan tremor yang mengganggu. Kafein adalah salah satu stimulan yang bisa meningkatkan tremor karena adanya proses pelepasan adrenalin, jadi dengan memangkas konsumsinya, tremor pun akan menghilang secara berangsur.

Berhentilah dari Minuman Keras

Minuman beralkohol pun juga sama efeknya dengan kopi atau kafein pada tubuh Anda sehingga termasuk dalam minuman berbahaya, terlalu banyak dan sering tidak akan sehat.

Bila Anda menjadikan minum minuman beralkohol sebagai sebuah kebiasaan, maka lepaskan kebiasaan itu perlahan-lahan dan jangan langsung memangkasnya sama sekali. Pecandu alkohol akan mengalami tremor ketika ia berniat untuk langsung menjauhi alkohol dalam sekali jalan.

Membatasinya dengan mengurangi sedikit demi sedikit takaran konsumsi, hingga pada titik tidak mengonsumsinya sama sekali adalah solusi yang lebih baik karena jika terus-terusan meminum secara berlebihan akan memperburuk kondisi tremor.

Menghindari Aktivitas Fisik Berat

Untuk dapat menghilangkan tremor secara berangsur, salah satu cara yang disarankan oleh dokter adalah dengan menghindari aktivitas fisik yang berat-berat. Aktivitas fisik yang terlalu berat hanya akan membuat tremor memburuk, dan bahkan bisa-bisa ketika tremor terjadi, tangan Anda yang gemetaran dan tak siap malah bisa menyebabkan masalah.

Selain itu, cobalah sebisa mungkin menghindari pemakaian anggota tubuh yang terkena tremor. Tak hanya itu, Anda pun disarankan untuk justru menggunakan anggota tubuh yang tidak terpengaruh tremor.

Apabila tremor menyerang tangan sebelah kanan yang biasanya digunakan untuk menulis, Anda bisa mencoba untuk tidak menulis dengan tangan kanan, gunakan tangan yang lainnya. Sebab ini jalan satu-satunya agar tremor tak mengganggu apa yang harus Anda lakukan dengan tangan tersebut.

Menghindari Merokok

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nikotin adalah penyebab dari kondisi tremor juga, maka kebiasaan merokok sebaiknya dihentikan mulai dari sekarang. Jika tidak bisa langsung berhenti, tentu belajar untuk membatasi dan mengurangi jumlah rokok dari yang biasanya Anda hisap adalah yang baik untuk dilakukan.

Menghindari Soda Berlebihan

Sama seperti kafein, soda memiliki efek yang dapat membuat adrenalin terangsang. Meminum soda setiap hari dan secara sering tak hanya akan memperparah tremor, tapi minuman seperti ini pun mampu memicu penyakit serius lainnya. Oleh sebab itulah Anda perlu mengurangi asupan soda ini secara pelan-pelan demi menghilangkan tremor secara alami.

Konsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan bedah saraf dengan dokter spesialis bedah saraf yang tergabung di Surabaya Neuroscience Institute (SNei). Dokter dokter spesialis bedah saraf Surabaya yang tergabung di dalam SNei berkomitmen dan berkolaborasi dalam sebuah tim yang solid yang siap menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan bedah saraf di Indonesia. Beberapa di antaranya telah mendapatkan pengakuan dalam lingkup profesi kesehatan di level internasional.(Muf)

 

Leave a Reply

Select Language