Nyeri Punggung/ Low Back Pain

 

Low Back Pain/ Nyeri punggung

Nyeri punggung adalah masalah kesehatan yang sering di keluhkan. Hampir semua orang pasti pernah mengalamai nyeri punggung. Nyeri punggung dapat berasal dari otot, ligamen, dan tendon, atau dari tulang  belakang, dan masalah lain di bagian atas, tengah, dan punggung bawah. Nyeri punggung biasanya terjadi secara bertahap seiring berjalannya waktu, bukan terjadi secara tiba-tiba.

Salah satu jenis nyeri punggung yang lebih umum berasal dari ketegangan otot-otot di sekitar punggung. Ini paling sering terjadi di lekuk punggung bawah karena area ini menyongkong lebih banyak berat daripada punggung atas dan tengah

Gejala Nyeri Punggung

Tanda dan gejala nyeri punggung dapat meliputi:

  • Nyeri yang menyebar ke kaki
  • Nyeri yang memburuk saat membungkuk, mengangkat, berdiri atau berjalan
  • Nyeri yang membaik dengan berbaring
  • Rasa kesemutan hingga mati rasa pada kaki

 

Penyebab Nyeri Punggung

Ada beberapa faktor risiko penyebab nyeri punggung, yaitu:

  1. Faktor Kebiasaan
  • Posisi duduk yang tidak benar dan dalam waktu yang lama
  • Mendorong, menarik, dan mengangkat dengan posisi yang tidak benar
  • Kurang berolahraga. Otot punggung yang jarang di gunakan akan membuat otot punggung berisiko kram otot
  • Kelebihan berat. Berat badan yang berlebih akan memberikan tekanan yang lebih pada tulang belakang.
  • Cedera saat olahraga, kecelakaan, dan jatuh
  1. Faktor Penyakit
  • Saraf Kejepit atau disk (bantalan tulang belakang) yang pecah. Disk bertindak sebagai bantalan di antara tulang belakang. Bahan lunak di dalam disk dapat membengkak atau pecah dan menekan saraf.
  • Radang sendi/ Osteoartritis dapat mempengaruhi punggung bawah. Dalam beberapa kasus, radang sendi di tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar saraf tulang belakang, suatu kondisi yang disebut stenosis tulang belakang.
  • Pengeroposan tulang/ Osteoporosis tulang belakang dapat berisiko terjadinya fraktur tulang belakang, sehingga dapat menekan safat pada tulang belakang.
  1. Faktor Psikologi
  • Kondisi stress membuat ketegangan pada otot punggung dan dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.

Pemeriksaan Penunjang Untuk Nyeri Punggung

Pemeriksaan tersebut dilakuakan dengan menggunakan tes pencitraan untuk mengetahui ada atau tidaknya sesuatu pada punggung yang menyebabkan nyeri, pemeriksaan terebut adalah:

1.      Sinar X-rayPemeriksaan ini menunjukkan gambaran tulang belakang. Apakah terjadi radang sendi atau patah tulang.

2.      MRI atau CT scan. Scan ini menunjukkan gambaran disk (bantalan tulang belakang) atau masalah dengan tulang, otot, jaringan, tendon, saraf, ligamen dan pembuluh darah.

3.      Electromyography (EMG)Pemeriksaan ini untuk mengukur impuls listrik yang dihasilkan oleh saraf dan respons otot. Tes ini dapat mendiagnosa adanya kompresi saraf yang disebabkan oleh herniated disk (saraf kejepit) atau penyempitan kanal tulang belakang (stenosis tulang belakang).

Penanganan Nyeri PunggungNyeri punggung biasanya akan hilang setelah kita lakukan aktivitasringan, seperti berjalan dan aktivitas kehidupan sehari-hari. Hentikan aktivitas yang meningkatkan rasa sakit, tetapi jika nyeri tidak berkurang maka akan di sarankan terapi lain, seperti:

  1. Konservatif
  • Medikamentosa

Nyeri punggung ringan – sedang akan terasa lebih baik dengan mengunkan obat anti-nyeri dan obat anti inflamasi, over-the-counter (OTC), seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Dan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau natrium naproksen (Aleve). Mengkonsumsi obat-obatan ini hanya sesuai resep dokter. Terlalu sering mengkonsumsi obat – obat anti nyeri dapat menyebabkan efek samping yang serius.

  • Fisioterapy

Latihan fisioterapy dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot punggung dan perut, dan memperbaiki postur. Penggunaan teknik ini secara teratur dapat membantu menahan rasa sakit. Latihan ini yakni, dengan membungkuk ke depan untuk meregangkan otot-otot punggung dan pinggul, dan latihan  mengangkat kaki sambil tengkurap.

  1. Interventional Pain Management
  • Nerve block

Nerve block adalah prosedur pemblokiran saraf penyebab rasa sakit dengan suntikan obat ke daerah tertentu dari tubuh. Nerve block mengunakan obat anestesi lokal yang digunakan untuk memblokir saraf, sehingga bisa menghentikan stimulasi nyeri.

  • Pulse Radiofrequency

Pulse Radiofrequency adalah prosedur yang mengunakan panas yang dihasilkan oleh gelombang radio untuk menghancurkan saraf tertentu dan menghentikan sinyal rasa sakit. Gelombang radio dikirimkan ke saraf yang ditargetkan melalui probe (jarum khusus) yang dimasukkan melalui kulit, mengunakan anestesi lokal dan dipandu ke posisi menggunakan x-ray.

  1. Surgical

Prosedur pembedahan biasanya akan di anjurkan jika nyeri punggung tidak menurun sampai 6 – 12 minggu atau menganggu aktivitas harian, prosedur bedah tersebut adalah:

  • Microscopic

Microspocic yaitu prosedur pembedahan minimal invasive mengunakan mikroskop (kamera bedah) untuk memperbesar objek operasi yang kecil. Prosedur pembedahan ini di gunakan memperbesar saraf yang kejepit oleh disk tulang belakang

  • Endoscopic

Endoscopic adalah prosedur pembedahan minimal  invasive dengan memasukkan endoskop (kamera kecil) melalui sayatan sebesar delapan milimeter. Lensa kamera di ujung endoskop memperbesar dan mengambarkan jaringan di dalam tubuh, sehingga lebih jelas dan lebih akurat mendeteksi kelainan. Kemudian mengambil bantalan tulang belakang yang bermasalah tanpa perlu merusak otot dan jaringan yang sehat di sekitarnya yang di sebut disectomi

Nyeri punggung sangat tidak nyaman dirasakan, namun dengan rajin berolahraga dan gaya hidup sehat akan mengurangi risiko terkena nyeri punggung. Namun tidak semua olahraga bisa mengurangi risiko ada beberapa penelitian telah menemukan bahwa olahraga yang salah seperti aktivitas berdampak tinggi dapat meningkatkan risiko nyeri punggung. Beberapa olahraga yang di rekomendasikan untuk mengurangi risiko nyeri punggung, seperti berenang, berjalan, dan bersepeda.

Leave a Reply

Select Language